Suzuki A100

Suzuki A 100
Pertama sekali Suzuki di Indonesia pada tahun 1973 memperkenalkan produk sepeda motornya, yaitu Suzuki A 100. Kehadiran Suzuki A 100 sebagai motor Suzuki pertama yang diperkenalkan oleh Suzuki di Indonesia bersama dengan FR 70 pada tahun 1973, yang diluncurkan pada tahun 1974.

Sebenarnya Suzuki A 100 sudah diproduksi oleh Jepang pada tahun 1960-1966, kemudian dilanjutkan pada awal 1970-an. Suzuki A 100 memiliki postur yang ramping dan hemat bensin, yang memiliki kemampuan mesin lumayan handal pada era 1973-an. Suzuki A 100 "terinspirasi" desain serupa di seluruh China dan Timur Jauh. Di tempat lain di India pada tahun 1980, Suzuki juga mengeluarkan produk saudara kembar Suzuki A 100, yaitu Suzuki AX 100 diproduksi di India, yang ditawarkan dengan spesifikasi sama dengan Suzuki A 100 tahun 1973-an di Indonesia.

Suzuki A100 produksi pertama di Jepang tahun 1966
Suzuki meletakkan speedometer pada A 100 yang disederhanakan dengan semua indikator utama tersusun rapi di sekitarnya. Hal ini memungkinkan bahkan pengendara sepeda motor yang paling rata-rata untuk cepat memahami kondisi naik. Baik depan dan roda belakang mengenakan ukuran 2.50 - 18, yang nyaman pada permukaan jalan tapi sedikit kurang nyaman pada jalan yang berlobang. Tahun produksi Suzuki A 100 adalah tahun 1974 hingga tahun 1980, dengan tidak banyak mengalami perubahan. Suzuki A 100 mampu melintasi 100 km/jam pada jalan datar, tapi kondisi nyaman didapat pada kecepatan 70 km/jam.

Suzuki A100
produksi tahun 1974
Suzuki melakukan produksi massal yang membuat mereka langsung populer pada tahun awal kemunculannya. Tapi sayangnya dari tahun ke tahun Suzuki A100 tidak banyak memiliki perubahan, selain beberapa perubahan styling kosmetik. Model hanya terjadi pada skema warna cerah, mungkin untuk menarik minat anak muda pada tahun 1980-an.

Dengan mesin dasar teknologi dan handal, Suzuki A100 mudah untuk dibawa dalam berbagai aktivitas, serta untuk perjalanan yang lumayan jauh. Saat ini, Suzuki A 100 pun resmi masuk kriteria "Kendaraan Bersejarah" serta bebas pajak jalan. Pada tahun 1980 perjalanan Suzuki A 100 pun berakhir, karena tidak diproduksi lagi.



Spesifikasi:
Mesin: 2-stroke, rotary disc valve, single cylinder
Kapasitas: 100 cc (98 cc)
max power: 9,5 hp /7500 rpm
max torque: 0,95 kg-m (6,87  lb-ft) / 6500 rpm
Engine 2 -stroke, rotary disc valve, single cylinder
Transmisi: 4-speed, 1-N-2-3-4, constant mesh
Tangki bbm: 7 liter
Lubrication: Suzuki CCI

Dimensi:
Overall Panjang: 1830 mm
Lebar: 760 mm
Tinggi: 1010 mm
Wheelbase: 1200 mm
Suspensi:
- depan: telescopic
- belakang: swingarm, dual shock
Ban:
- depan: 250 - 18"
- belakang: 250 -18"
Berat : 83 kg



related:
- https://worm34opera.wordpress.com/2013/02/19/history-of-the-suzuki-a100-motorcycle/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar